Pendaftaran Parpol 20 Bulan sebelum Pemilu

JAKARTA–MICOM: Panitia Kerja (Panja) Rancangan Undang-Undang Pemilihan Umum (RUU Pemilu) bersama pemerintah menyepakati pendaftaran partai politik peserta pemilu dimulai 20 bulan sebelum pemilu. Artinya, dengan target pelaksanaan pemilu pada April 2014 mendatang, pendaftaran parpol peserta pemilu dilakukan pada Agustus 2012.

Pendaftaran parpol dilakukan 20 bulan sebelum hari pencoblosan. Ini melihat kesiapan parpol dalam mengikuti seluruh tahapan penyelenggaraan pemilu. Misalnya penyiapan caleg, keikustertaan mengawasi proses pendataan pemilih,” tutur unsur pimpinan Panja Arwani Thomafi ketika dihubungi, Minggu (29/1/2012).

Hal ini diputuskan, jelasnya, setelah panja menghadirkan dan meminta penjelasan dari Setjen KPU. Terutama terkait posisi KPU daerah. “Kesimpulannya tidak ada masalah kelembagaan terkait proses pendaftaran dan verifikasi parpol nantinya akan dilaksanakan oleh KPU-KPU daerah yang lama. Ini mengingat KPU daerah saat ini masa tugasnya selesai antara Desember 2012-Januari 2013. Kalau harus menunggu KPU daerah baru dikhawatirkan akan mengganggu kesiapan parpol peserta pemilu,” jelas politisi PPP ini. (MI : 29 Januari 2012, Penulis : Nurulia Juwita Sari)

 

Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.