Pendanaan Parpol Berasal dari Korupsi

JAKARTA–MICOM: Berbagai kasus korupsi politik yang timbul akhir-akhir ini rata-rata dilatarbelakangi oleh permasalahan pendanaan partai politik. Itulah temuan penelitian Indonesian Corruption Watch (ICW) yang baru saja di lansirnya.

Menurut koordinator ICW Danang Widoyoko upaya kekuatan politik untuk membiayai operasional partai dari berbagai sumber masih menjadi ancaman korupsi ditahun 2012 ini. Saat pengumpulan dana untuk tahun 2014 dilakukan ini merupakan tanda bahaya bagi APBN kita,” kata Danang dalam acara diskusi yang digelar di kantornya, Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (29/1/2011).

Ia mengkhawatirkan aset sumber daya alam yang dimiliki saat ini dapat digunakan untuk membiayai operasional partai bahkan hingga pemenangan pemilu. Lanjut Danang hal-hal tersebut baru akan terungkap setelah pemilu dalam berbagai skandal. Menurutnya inilah yang akan menjadi tantangan besar KPK.

Belum ada solusi partai supaya independen sehingga Partai masih tergantung pada cukong-cukong besar,” imbuhnya. Menurutnya partai sebaiknya segera membuat sistem pengumpulan dana yang transparan. Tak hanya itu saja Danang pun menjelaskan harus ada pembatasan sumbangan yang ditujukan pada parpol. (MI : 29 Januari 2012, Penulis : Putri Werdiningsih)

 

Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.